Rabu, 21 Oktober 2009

Pandangan Yang Salah Tentang Hipnosis




PDF
Print
E-mail


1. Hipnosis adalah sihir dan mistik

Sepanjang sejarah hipnosis selalu dihubungkan dengan hal –hal yang gaib atau sihir. Pandangan itu mulai terbentuk pada jaman Mesir kuno saat kegiatan yang menyerupai hypnosis digunakan pada acara keagamaan tertentu.


Sihir dan hypnosis seringkali dihubungkan juga dengan seseorang yang menginginkan kekuatan dan kekuasaan. Industri film Hollywood juga menciptakan gambaran hipnosis dengan segala hal yang berhubungan dengan dunia roh dan mistik. Lalu muncullah sebutan yang terkenal "hypnotic eye" bila diterjemahkan artinya adalah mata yang menghipnosis. Yang akhirnya membuat masyarakat pada umumnya menjadi takut.

Hingga sekarang masyarakat mempunyai anggapan hipnotist / hipnoterapist dapat melakukan hal apapun sebab mempunyai kekuatan tersembunyi. Padahal itu semua tidak benar.

Fakta :

Hipnosis adalah teknik membawa seseorang menuju trance - secara sederhana trance yang dimaksud adalah kondisi antara normal dan tidur nyenyak - dan trance adalah hal alami yang terjadi pada pikiran kita. Pada kenyataannya, semua hipnosis adalah self – hypnosis, anda tidak dapat dihipnosis kecuali anda mau. Tidak ada hal mistik yang terjadi.

Tentu saja hasil yang di dapat akan sangat cepat bila anda berhasil mencapai tujuan anda dan itu terlihat seperti sihir.



2. Anda tak kuasa di bawah pengaruh hipnosis

Pemikiran yang salah ini masih berhubungan dengan bahwa hipnosis itu memiliki unsur sihir dan mistik. Pemikiran yang salah ini mungkin juga terpengaruh oleh pertunjukan yang dilakukan oleh seorang stage hipnotis. Stage hipnotis adalah seseorang yang melakukan hipnosis untuk keperluan hiburan. Dan yang perlu diingat adalah orang yang berada dipanggung adalah orang yang mempunyai keinginan untuk dihipnosis. Hipnosis yang sebenarnya adalah self – hypnosis dan sukarelawan yang berada dipanggung dapat memilih untuk ikut atau tidak.

Fakta :

Sangatlah tidak benar bahwa hipnotis dapat mengontrol anda. Tidak ada seorang hipnoterapis yang dapat memberi perintah kepada anda untuk melakukan apapun yang tidak anda inginkan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan karakter pada diri anda kecuali Anda mengijinkan. Pada stage hipnosis ada banyak adegan persiapan di belakang layar yang penonton tidak tahu. Yang ditunjukkan hanyalah bagian dramatisnya saja yaitu seseorang diminta melihat telapak tangan lalu diperintah tidur dalam 5 detik saja!



3. Hipnosis berbahaya

Ada banyak orang berasumsi bahwa hipnosis itu bisa membuat seseorang lupa ingatan, berubah kepribadian, dan berperilaku aneh. Hal ini mungkin didasarkan pada tontonan televisi atau film-film yang ada di mana korban hipnosis diperlakukan sebagai orang lemah dan tak berdaya.

Fakta :

Hipnosis sendiri tidaklah berbahaya. Anda akan benar – benar merasa nyaman saat bekerja sama dengan hipnoterapis yang berpengalaman. Anda selalu berada dalam kontrol diri anda sendiri dan dapat keluar dari trance kapanpun anda mau hanya dengan membuka mata.


4. Hipnosis akan membuat anda berkokok seperti ayam dan tidak mempunyai kendali pada diri sendiri.

Sekali lagi ini adalah akibat dari tontonan di televisi atau berbagai film dimana subyek hipnosis diperlakukan sebagai bagian dari lelucon yang ditampilkan.

Fakta :

Sekarang waktunya untuk menjelaskan perbedaan dari stage hipnosis dan hipnoterapi. Stage hipnosis adalah sebuah hiburan dan penuh canda tawa. Hipnoterapi adalah upaya terapi menggunakan kondisi hipnosis membantu seseorang untuk menyelesaikan permasalahan untuk mencapai tujuan perubahan yang diinginkan.

Setiap hipnosis belum tentu sebuah terapi namun setiap proses terapi yang berhasil adalah sebuah proses hipnosis!

Hal penting yang perlu diingat adalah stage hipnotis secara hati – hati memilih seseorang untuk naik kepanggung. Biasanya orang yang extrovert adalah tipe yang ideal untuk dapat diajak melakukan sebuah show. Orang yang terpilih adalah orang yang mau melakukan hal yang konyol sesuai sugesti yang diberikan.

Stage hipnotis mungkin memiliki kualifikasi dan pengalaman yang berbeda dalam hipnosis jika dibandingkan dengan seorang hipnoterapis. Beberapa orang diantaranya mungkin juga mempunyai kualifikasi sebagai hipnoterapis, namun saat di panggung tetap saja ia harus membuat lelucon yang mengundang decak kagum sehingga terkadang mengorbankan respek terhadap subyeknya.


5. Anda harus tetap tutup mata hingga akhir sesi hipnoterapi berakhir


Fakta :

Semua orang boleh bergerak selama sesi hipnotis. Anda mungkin ingin menggaruk tubuh anda, mungkin saja saat itu ada yang gatal dan itu semua boleh dilakukan. Tidak mengganggu kedalaman kondisi trance.

Tidak selamanya kondisi trance yang sangat rileks ditentukan oleh mata yang tertutup.

Atlet olahraga sering mengalami trance saat sedang kompetisi. Seorang atlet mencari hipnoterapi untuk meningkatkan prestasinya dan tidak diminta menutup mata untuk rileks. Hipnotis membantu para atlet dengan trance yang penuh dengan kesadaran. Trance semacam ini dilakukan dengan cara memanggil kembali penampilan terbaik atlet pada waktu sebelumnya dan kemudian atlet bergerak. Prosedur yang menggunakan relaksasi pada olahraga tidak dapat dipakai. Bisakah anda bayangkan atlet lari atau yang sedang melakukan kompetisi di instruksikan untuk rileks? Anda membutuhkan batas maksimal untuk melakukan lebih baik lagi.

Hal yang serupa tetapi dengan contoh yang berbeda. Saat anak kecil melakukan sesi hipnosis dapat masuk ke kondisi trance dengan mata terbuka dan dapat bergerak kemana - mana.

Begitu juga dengan klien yang mempunyai trauma saat mata mereka tertutup, mereka juga tidak dapat melakukan kondisi hipnosis dengan mata tertutup dengan keadaan rileks.


6. Hipnosis adalah terapi

Fakta :

Hipnosis bukanlah terapi. Hipnosis hanyalah alat atau pelengkap untuk berbagai macam tipe terapi dan konseling.

Hipnoterapi adalah aspek terapi dari hipnosis. Hipnoterapi dapat dikombinasikan untuk bekerja lebih optimal pada pendekatan konseling – bahkan juga pendekatan yang tidak selaras dengan hipnoterapi seperti pendekatakan terapi behavioral, yang mana tidak mengenal konsep pikiran bawah sadar dan begitu juga dengan pendekatan psychodynamic.


7. Anda mungkin tidak dapat bangun dari trance


Fakta :

Apa yang membuat anda bangun dari tidur di pagi hari? Bila anda mengatakan "Karena jam alarm" anda kehilangan pointnya. Anda selalu bangun dari tidur anda sepanjang malam bahkan saat jam alarm anda tidak berbunyi. Hal itu juga sama dengan saat anda bangun dari trance. Perlu diingat trance tidak sama seperti koma dan tidur. Trance adalah kondisi alami, anda dapat masuk ke kondisi tersebut bekali – kali dalam sehari saat sedang mimpi, olahraga, atau fokus yang terus menerus pada problem permasalahan. Anda kembali kekondisi normal atau kondisi bukan trance setelah melewati kondisi trance. Jadi, dapat dikatakan bahwa anda, saya dan semua orang beberapa kali keluar dari kondisi trance setiap harinya!.


Saya akui bahwa ada sedikit ketidakcocokan dalam penggunaan kata "bangun" pada kondisi trance. Bagaimanapun istilah tersebut telah digunakan dalam dunia hipnoterapi, meski hipnosis tidak sama dengan tidur.

Anda juga dapat keluar dari kondisi trance saat sesi hipnosis, kapan pun anda mau. Hipnoterapi yang berpengalaman akan mengawasi dan menghantarkan anda secara hati – hati ke kondisi trance.



8. Anda tertidur selama sesi hipnosis

Fakta :

Jangan kuatir, hipnoterapis tidak akan membiarkan anda tertidur. Jika Anda tertidur maka kerja si hipnoterapis jadi sia-sia. Anda akan tetap waspada terhadap apa yang terjadi disekitar meski dalam keadaan trance dan bahkan Anda akan tetap mendengar suara diluar dan di dalam ruangan – hal itu malah akan membuat anda merasa nyaman dan membiarkan diri anda masuk kedalam kondisi hipnosis.

Anda juga mungkin akan terkejut , bahwa anda dapat mengingat segala sesuatunya dengan jelas selama sesi hipnosis.


9. Tidak semua orang dapat dihipnosis walaupun mereka menginginkannya.

Fakta :


Semua orang dapat dihipnosis, kecuali orang yang tidak ingin dihipnosis. Kadang ketakutan dan pemahaman yang salah tetang hipnosis dapat menciptakan adanya hambatan secara tidak sadar.

Oleh karena itu hipnoterapis yang berpengalaman akan membutuhkan banyak waktu saat pertemuan pertama dengan klien, menjawab semua pertanyaan dan mendapatkan kepercayaan dari klien, sebelum melakukan sesi hipnosis.


10. Anda tidak membutuhkan hipnotis – anda dapat menghipnosis diri anda sendiri.


Fakta :

Anda membutuhkan hipnoterapis sebelum melakukan hipnosis pada diri sendiri.

Secara praktek tidaklah mungkin bekerja sendiri dalam mengatasi permasalahan pikiran bawah sadar. Bahkan hipnoterapis yang berpengalaman masih mencari bantuan dari orang lain dalam menghadapi permasalahan psikologinya sendiri.
Meskipun demikian , sekali anda mempunyai pengalaman hipnosis bersama hipnoterapis, anda dapat mengetahui secara tepat, kapan menggunakan dan tidak mengunakan hipnosis pada diri sendiri.




Tidak ada komentar: